Senin, 26 Maret 2018

REVIEW APLIKASI YANG MENGGUNAKAN SENSOR



TUGAS MEREVIEW APLIKASI SMARTPHONE
Mata kuliah Sistem Operasi**
Dosen: Hengky Firdaus
 



Nama: Ragil Wijaya Saputra

NPM: 15116971

Kelas: 2KA07






PROGRAM STUDI: SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA

Pengertian Google fit

Google Fit adalah aplikasi yang membantu kita menjaga kebugaran tubuh dengan cara memantau tingkat tubuh kita beraktifitas. Apliakasi ini memantau kesehatan penggunanya dengan membantunya mencapai tujuan dari menjaga kebugaran itu sendiri, seperti halnya jalan kaki, berlari, jogging, bersepeda. Cara seperti tidak harus dilakukan tiap hari, namun rutin misalkan tiap minggu 3x bersepeda sejauh total 15KM juga sudah dirasa cukup.
Aplikasi buatan Google ini meminta izin kepada user untuk menggunakan location dalam hp kita untuk memantau sejauh apa kita berjalan. Selain itu juga dalam menentukan penggunanya melangkah atau tidak, aplikasi ini menggunakan sensor accelerometer agar ketahuan sudah berjalan dari ayunan tangan yang memegang hp.
Pengertian sensor GPS dan accelerometer

GPS: Global Positioning Systems
Adalah system berbasis satelit yang dikembangakn oleh Departemen Pertahanan Amerika yang didukung oleh 27 jaringan satelit. 20.200 km dan inklinasi 55 derajat dengan periode 12 jam.
Accelerometer: adalah sensor yang digunakan untuk mengukur percepatan suatu objek. Accelerometer menggunakan percepatan dynamic dan static. Pengukuran static adalah pengukuran objek diam, sedangkan dynamic adalah pengukuran objek bergerak.



 
Tampilan utama Google Fit.



Dalam aplikasi ini, banyak fitur yang membuaat kita mengetahui berapa sering olahraga, mengatur pola olahraga dan kesehatan kita. Aplikasi menggunakan sensor GPS dan Accelerometer untuk mendukung fungsi nya. Aplikasi ini juga didukung Heart Rate reader, yaitu apllikasi pembaca denyut jantung. Tetapi hanya jika dihubungkan dengan Smartwatch.






          
Tampilan menu dari Google Fit yang diakses dari menu tanda + di pojok kanan bawah. Berisikan menu tambah target, simpan berat badan di log, tambah aktifitas, mulai aktifitas. Setiap menu mempunyai fungsinya, yang pastti membantu kita dalam menjaga kesehatan hidup kita.
                                      



Tampillan dari memilih target. Disini terdapat pilihan mulai dari mencapai 10ribu langkah, aktif selama 20 menit, lari 3x seminggu, dan bisa memilih aktifitas yang kita inginkan. Ya seperti bersepeda mencapai 15km atau lebih tiap minggu.







Tampilan dari tambah aktifitas. Disini kita memulai aktifitass mulai dari kapan, jam berapa, aktifitas nya apa, durasi berapa lama dan apa aktifitasnya. Fitur ini harus terhubung ke akun google untuk sync data kita.









Tampilan memulai suatu kegiatan. Disini, saya memilih aktifitas jalan kaki. Jalan kaki ini terserah kita mau kemana, asalkan kita membawa hp untuk memeriksa sudah berapa lama kita jalan, berapa langkahnya, berapa kalori terbakar, dll.



Tampilan ketika tombol Mulai ditekan. Akan keluar tampilan seperti ini. Yaitu timer pengukur waktu lama kita berjalan, berapa jauh kita jalan (satuan km), kalori terbakar, berapa jumlah langkah, kecepatan rata-rata dari jalan kaki kita.










 




Setelah kita klik tombol Stop, tampilan akan ke menu ini. Disini, menu nya adalah waktu aktif sekian detik, waktu total juga sekian dektik. Jarak kita berjalan, kecepatan rata-rata, jumlah langkah, dan kalori terbakar.
Info ini sudah cukup lengkap untuk pemula. Untuk lebih lengkap, harus sync dengan smartwatch untuk membaca detak jantung dan juga jadi gak usah bawa bawa hp pas jogging atau berlari.

KELEBIHAN :
  • Penggunaanya lebih mudah karena menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
  • Dapat diakses dari mana saja
  • Lebih mudah lagi jika menggunakan smartwatch
  • Fiturnya cukup lengkap
  • Tampilan menarik
KEKURANGAN :
  • Harus selalu terhubung dengan jaringan
  • Keselarasannya belum tepat

SARAN UNTUK APLIKASI 
       Menurut saya, aplikasi ini sudah cukup membuntu dalam melakukan aktifitas olahraga yang rutin khususnya untuk orang-orang yang melakukan program diet karena dapat memantau seberapa banyak gerak yan telah dilakukan, berapa jarak, waktu yang dibutuhkan serta seberapa banyak kalori yang terbakar. Tetapi, alangkah baiknya jika aplikasi ini masih tetap diakses tanpa harus terhubung dengan jaringan. agar pengguna dapat terus menggunakan aplikasi ini walaupun dengan keadaan jaringan yang kurang baik.

SUMBER REFERENSI
 https://apkpure.com/id/google-fit-fitness-tracking/com.google.android.apps.fitness




                                                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar